Rabu, 12 Juli 2017

Perbandingan Game Engine Unity 3d dan Blender untuk pembuatan game

Menurut Wikipedia (http://en.wikipedia.org), engine game adalah komponen software inti dari sebuah video game. Engine game biasanya menangani perenderan grafik dan teknologi penting lainnya,tetapi juga memungkinkan dalam menangani fungsi tambahan seperti kecerdasan buatan, pendeteksian tubrukan antara objek game dengan benda lainnya. 

Game engine (bahasa Indonesia: mesin permainan) adalah sebuah sistem software yang dirancang Pengertian dan Macam Macam Game Engine untuk pembuatan dan pengembangan suatu video game. Ada banyak sekali game engine yang dirancang untuk bekerja pada beberapa konsol video game dan sistem operasi desktop seperti Microsoft Windows, Linux dan Mac OS X. Fungsi utama yang secara khusus disediakan oleh game engine meliputi mesin render (renderer) untuk grafik 2D atau 3D, mesin fisika, deteksi tabrakan (dan tanggapan tabrakan), suara, script, animasi, kecerdasan buatan, jaringan, streaming, manajemen momori, threading, dukungan lokalisasi dan layar grafik. Proses pembuatan game seringkali dihemat oleh sebagian besar developer dengan menggunakan kembali game engine yang sama untuk membuat game yang berbeda.

UNITY 3D

Unity 3D adalah sebuah game developing software. Dengan software ini, kita bisa membuat game 3D yang seru. Karena game developer ini sangat mudah menggunakannya, dengan GUI yang memudahkan kita untuk membuat mengedit dan membuat script untuk menciptakan sebuah game 3D.

Unity tidak dirancang untuk proses desain atau modelling, dikarenakan unity bukan tool untuk mendesain. Jika ingin mendesain, pergunakan 3D editor lain seperti 3dsmax atau Blender. Banyak hal yang bisa dilakukan dengan unity, ada fitur audio reverb zone, particle effect, dan Sky Box untuk menambahkan langit.

Fitur scripting yang disediakan, mendukung 3 bahasa pemrograman, JavaScript, C#, dan Boo. Flexible and EasyMoving, rotating, dan scaling objects hanya perlu sebaris kode. Begitu juga dengan Duplicating, removing, dan changing properties. Visual Properties Variables yang di definisikan dengan scripts ditampilkan pada Editor. Bisa digeser, di drag and drop, bisa memilih warna dengan color picker. Berbasis .NET. Artinya penjalanan program dilakukan dengan Open Source .NET platform, Mono.

Unity Technologies dibangun pada tahun 2004 oleh David Helgason (CEO), Nicholas Francis (CCO), dan Joachim Ante (CTO) di Copenhagen, Denmark setelah game pertama mereka GooBall, gagal lagi dalam meraih sukses. Ketiganya menyadari nilai sebuah engine dan tool dalam sebuah pengembangan game dan berencana untuk membuat sebuah engine yang dapat digunakan oleh semua dengan harga terjangkau. Unity Technologies mendapat bantuan dana dari Sequoia Capital, West Summit Capital and iGlobe Partners.
Kesuksesan Unity terletak pada fokus mereka untuk memenuhi kebutuhan indie developer yang tidak dapat membangun game engine mereka sendiri atau membeli lisensi game engine yang terlalu mahal. Fokus perusahaan ini adalah “Democratize game development” atau diterjemahkan sebagai “Demokrasi Pembangunan Game” dan membuat sebuah pembangunan game baik 2D maupun 3D bisa dicapai oleh banyak orang. Oleh siapa pun.
Pada tahun 2008, Unity melihat kebangkitan iPhone dan menjadi game engine pertama yang melakukan dukungan penuh pada platform tersebut. Unity sekarang di gunakan oleh 53.1% developers (termasuk mobile game developer) dengan ratusan game yang dirilis baik untuk iOS maupun Android. Pada tahun 2009, Unity mulai meluncurkan produk mereka secara gratis. Jumlah developer yang mendaftar melonjak drastis sejak pengumuman tersebut. Pada April 2012, Unity mencapai popularitas yang sangat tinggi dengan lebih dari 1 juta developer.

Kekurangan :
  • Memori yang digunakan banyak
  • Butuh penyesuaian yang agak kompleks pada saat mau develop game 2d tanpa bantuan plugin
  • Perlu penyesuaian mengikuti gaya component based


Kelebihan :
  • Gratis
  • Multiplatform
  • Mempercepat desain level/layout di game dengan adanya editor WYSIWYG


Fitur-fitur Unity :
  • Rendering
  • Scripting
  • Asset Tracking
  • Platform
  • Asset Store
  • Physics


Blender 
Blender adalah salah satu software open source yang digunakan untuk membuat konten mulmedia khususnya 3 dimensi, ada beberapa kelebihan yang dimiliki blender dibandingkan software sejenis.
Untuk kelebihannya diblender: 

  • Open source blender merupakan salah satu software open source, dimana kita bisa bebas memodifikasi source codenyya untuk keperluan pribadi maupn komersial, asal tidak melanggar GNU General Public Lincense yang digunakan Blender.

·     
  • Multi flatform karna sifatnya yang open source, blender tersedia untuk berbagai macam operasi system seperti linux, max dan windows, sehingga file yang dibuat menggunakan blender versi linux tak akan berubah ketika dibuka di blender versi mac maupun windows.

·   
  • Update dengan status yang open source, blender bisa dikembangkan oleh siapapun. Sehingga update software ini jauh lebih cepat dibandingkan software sejenis lainnya. Bahkan dalam hitungan jam, terkadang software ini sudah ada updatenya, update an tersebut melainkan di graphicall.org


  • Free Blender merupakan sebuah software yang Gratis Blender gratis bukan karena tidak laku, melainkan karena luar biasanya fitur yang mungkin tak dapat dibeli dengan uang, selain itu dengan digratiskannya software ini, siapapun bisa berpartisipasi dalam mengembangkannya untuk menjadi lebih baik. Gratisnya Blender mendunia bukan seperti 3DMAX/ Lainnya yang di Indonesia Gratis membajak :p. Tak perlu membayar untuk mendapatkan cap LEGAL. Karena Blender GRATIS dan LEGAL

·
  • Lengkap Blender memiliki fitur yang lebih lengkap dari software 3D lainnya.  Coba cari software 3D selain Blender yang di dalamnya tersedia fitur Video editing, Game Engine, Node Compositing, Sculpting.

·
  • Ringan Blender relatif ringan jika dibandingkan software sejenis. Hal ini terbuti dengan sistem minimal untuk menjalankan Blender. Hanya dengan RAM 512 dan prosesor Pentium 4 / sepantaran dan VGA on board, Blender sudah dapat berjalan dengan baik namun tidak bisa digunakan secara maksimal. Misal untuk membuat highpolly akan sedikit lebih lambat.

·
  • Komunitas Terbuka Tidak perlu membayar untuk bergabung dengan komunitas Blender yang sudah tersebar di dunia. Dari yang newbie sampai yang sudah advance terbuka untuk menerima masukan dari siapapun, selain itu mereka juga saling berbagi tutorial dan file secara terbuka. Salah satu contoh nyatanya adalah OPEN MOVIE garapan Blender Institute.


Tetris dengan Unity 3d


Tetris dengan Blender

Sumber :
http://tugaskuliahgame2.blogspot.co.id/2015/09/kelebihan-dan-kekurangan-unity.html
http://juniorohimton26.blogspot.co.id/2015/11/perbandingan-blender-dan-unity-3d.html
http://yunitaarahman.blogspot.co.id/2016/04/beberapa-software-untuk-pembuatan-game.html
https://en.wikipedia.org/wiki/Unity_(game_engine)
https://unity3d.com

Share:

0 komentar:

Posting Komentar